Home
berita
Kemendagri Dorong Warga Rekam KTP-el Untuk Pilkada dan Pemilu

Kemendagri Dorong Warga Rekam KTP-el Untuk Pilkada dan Pemilu


Sabtu, 2018-03-31 - 17:38:44 WIB

Jakarta - Jelang perhelatan pesta demokrasi Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh memastikan masyarakat tidak perlu khawatir untuk tetap bisa melakukan perekaman data KTP-el. Waktunya masih cukup panjang, meski Prof. Zudan menghimbau masyarakat segera dan pro aktif merekam data dirinya.

“Terkait Pilkada, Pileg dan Pilpres, masyarakat tak perlu khawatir. Waktu perekaman masih panjang,” jelas Zudan dalam acara penandatanganan kerja sama dengan sembilan lembaga perbankan/pembiayaan di Thamrin Nine, Jakarta, Jumat (23/3/2018). 

Ditjen Dukcapil hingga saat ini masih terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait 6,7 juta penduduk yang diklaim belum memiliki KTP-el maupun Suket. 

“Dukcapil berkoordinasi dengan KPU agar yang 6,7 juta orang ini bisa terselesaikan, untuk perekamannya maupun suket-nya”, lanjut Prof. Zudan.

Data tersebut menurut Zudan, akan dicocokkan dengan data kependudukan dalam database Kemendagri. “Ini semata-mata untuk meningkatkan akurasi Daftar Pemilih Sementara dan Daftar Pemilih Tetap," tambahnya.

Sementara 2 juta pemilih pemula yang usianya belum genap 17 tahun, Prof. Zudan mengatakan belum berhak mendapatkan KTP-el sebagaimana amanat Undang-Undang Administrasi Kependudukan. 

Meski demikian, pemilih pemula tetap dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan surat keterangan pengganti KTP-el. 

Upaya lainnya yang dilakukan Ditjen Dukcapil dengan mengintensifkan layanan jemput bola. 

“Bahkan layanan jemput bola ini dilakukan sampai ke tingkat RT, RW, kampus, sekolah dan kantor-kantor. Layanan ini sudah menjadi program rutin Dukcapil”, imbuh Ketua DPN Korpri ini. Dukcapil***

 

Sumber: dukcapil.kemendagri.co.id


Share Berita


Komentari Berita