Home
berita
Penandatanganan Kesepahaman (MoU) Kemenag dan Pemerintah Kota Mataram

Penandatanganan Kesepahaman (MoU) Kemenag dan Pemerintah Kota Mataram


Sun, 2021-06-13 - 14:12:58 WIB

Mataram – Bertempat di ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram, berlangsung Penandatanganan Kesepahaman (MoU) antara Kementerian Agama dan Pemerintah Kota Mataram tentang peluncuran Program Six in One, yakni pemberian 6 kartu dan buku bagi calon pengantin pada satu peristiwa pernikahan/ akad nikah.

Sebelumnya calon pengantin hanya menerima 1 buku nikah saja. Adapun 6 kartu dan buku itu adalah : buku nikah, buku pedoman membina keluarga sakinah, kartu nikah, kartu penduduk status baru, kartu keluarga baru, dan kartu pekerja bagi keluarga harapan.

Penandatanganan kesepahaman ini merupakan tindak lanjut dari louncing perdana program Six in One oleh Kanwil Kemenag NTB pada acara pernikahan puteri Sekda Kota Mataram, di Masjid Jamiq Baiturrahman, Rembiga, Kota Mataram, 21 Februari 2021.

Program Six in One merupakan salah satu inisiasi M. Zaidi Abdad, sejak dilantik menjadi Pimpinan Kanwil Kemenag NTB. Selain Six in One, ada program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Online berbasis Website, Gerakan Jum'at Seribu Membangun Kepedulian Rakyat (Jambu Mekar), Inspirasi Monitoring Untuk Analisis Target (Imun Kuat) dan sebagainya.

Selanjutnya, Zaidi Abdad mengungkapkan, bahwa sinergi, kolaborasi dan kerja sama antar lembaga, instansi merupakan keharusan dan terus ditingkatkan, mengingat problem, masalah di masyarakat semakin komplek dan variatip juga semakin membutuhkan penanganan lebih cepat dan tepat. Tidak zamannya lagi antar lembaga, instansi saling berkompetisi, tapi harus bersifat kolaboratif, ujarnya.

Sementara Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana, berterima kasih sekaligus mengapresiasi Kemenag Kota Mataram atas inisiasi kerjasama yang dilakukan, karena persoalan keummatan, masyarakat tidak cukup hanya diselesaikan oleh satu lembaga, instansi saja, tapi membutuhkan kerjasama semua pihak, apa lagi diera sistem informasi digital yang serba cepat, tuturnya. Selanjutnya Mohan yang baru saja dilantik menjadi Wali Kota Mataram, periode 2021 - 2024 ini meminta kepada dinas terkait untuk menindak lanjuti MoU yang telah ditandatangani dalam bentuk kerjasama yang real, bukan sekedar kesepahaman saja, tandasnya.

Acara yang dihadiri Ketua DPR, Wakil Wali Kota, Sekda, Kepala Dinas Dukcapil sebagai Leading sector, Kakemenag Kota Mataram dan jajaran, sangat diapresiasi oleh Sekda Kota Mataram, H. Efendi selaku pribadi dan anggota masyarakat, sangat membantu, bermanfaat, tidak perlu kemana- kemana, tidak perlu berlama - lama, cukup di satu titik calon pengantin bisa mendapat kartu identitas, status yang sangat penting dan dibutuhkan, ujarnya. (Humas)


Sumber : https://ntb.kemenag.go.id/baca/1616032920/penandatanganan-kesepahaman-mou-kemenag-dan-pemerintah-kota-mataram


Share Berita


Komentari Berita