Penilaian Survey Kepuasan Masyarakat (SKM)
Senin, 2022-06-06 - 15:10:36 WIB
INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
Dari hasil survey yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram , sDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram mendapatkan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan predikat
”BAIK” dengan nilai interval konversi IKM 80,81 , dengan jumlah responden yang di survey sebanyak 150
Ruang lingkup pelaksanaan kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat
(SKM) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Mataram mencakup :
- Kesesuaian Persyaratan
Persyaratan adalah syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif. - Prosedur Pelayanan
Prosedur pelayanan adalah tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan. - Kecepatan pelayanan
Kecepatan pelayanan adalah jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan. - Kesesuaian Biaya
Kesesuaian biaya adalah kesesuaian ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat. - Kesesuaian Produk Pelayanan
Kesesuaian produk pelayanan adalah kesesuaian antara hasil pelayanan yang diberikan dan diterima dengan ketentuan yang telah ditetapkan. - Kompetensi Petugas
Kompetensi Petugas adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh petugas pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan pengalaman. - Perilaku Petugas
Perilaku Petugas adalah sikap petugas dalam memberikan pelayanan kepada pengguna pelayanan. - Kualitas Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penunjang yang berbentuk alat atau materiil dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan publik. - Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan
Penanganan pengaduan, saran dan masukan, adalah tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut.
